Oknum Guru SD Margasana 1, Diduga Kerap Mangkir Tugas

INDONESIASATU.CO.ID:

Pandeglang, Banten,- Menjadi Pegawai Negri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN), begitu didambakan bagi kebanyakan orang. Lantaran dinilai dapat lebih meningkatkan ekonomi dan taraf hidup dengan memiliki jaminan hari tua. Namun ternyata kesempatan itu kerap diabaikan oleh sebagian oknum PNS di lingkungan Pendidik.

Baru -baru ini aktifis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) GPS Kabupaten Pandeglang, Torik Azis, saat melakukan pemantauan di wilayah lingkungan pendidikan di Kecamatan Pagelaran, kerap menemukan oknum guru yang selalu mangkir dari tugasnya sebagai seorang pendidik. 

"Kita sering melakukan pemantauan terhadap kinerja ASN di lingkungan pendidikan kususnya di Kecamatan pagelaran. Temuan kita di lapangan tepatnya SD Margasana 1, ada oknum guru berinisial 'ER', yang juga wali kelas lima sering absen dari tugasnya selaku pengajar. Bahkan saking penasaranya kami pernah mengajak koorwil setempat beserta pengawas datang ke sekolah tersebut, dihari itu juga oknum guru yang bersangkutan selalu tidak ada di sekolah saat jam kerja", Ungkap Azis 

Dikatakan Azis, pihaknya mengkhawatirkan jika kinerja tenaga pendidik seperti itu tentunya kualitas pendidikan di pandeglang akan mengalami kemunduran bukan peningkatan. "Kalau seorang guru sering mangkir sama saja pendidikan kita telah menelantarkan anak-anak didik sebagai tunas bangsa, yang tengah menuntut ilmu", imbuhnya

Sementara ketika dihubungi terpisah via telphon selurernya Koorwil Dinas Pendidikan Kecamatan Pagelaran, H Bahroni kepada indonesiasatu.co.id membenarkan, adanya ASN sebagai tenaga pendidik di wilayah kerjanya  sering sekali absen tanpa ijin dan alasan yang kuat.

"Terkait ASN yang sering absen di jam kerja, kita sudah sering melakukan supervisi ke sekolah tersebut. Saya selaku pengawas tidak bisa berbuat banyak. Paling nanti saya akan tawarkan untuk mutasi ke tempat yang di kehendaki oleh ASN yang bersangkutan", Ucapnya seraya berharap bulan depan ada rotasi kembali bagi guru sebagai penyegaran administrasi ruang kerja pendidikan di wilayah pagelaran.

Ironis ketika indonesiasatu.co.id mendatangi SD Margasana 1 hendak konfirmasi kepada kepala sekolah. Namun yang bersangkutan pun sedang tidak ada diruang kerjanya.
Hanya ada beberapa staf TU dan dewan guru yang menyatakan kalau kepala sekolah sedang tidak masuk kantor.

"Pak di Sekolah ini mah Kepala sekolahnya pun sama sering absen juga", ujar seorang pegawai di Sekolah tersebut (Gus/dhank)

  • Whatsapp

Index Berita